Soal
Pretest PPG Penjas Orkes dan Kunci Jawaban
1. Pendidikan jasmani merupakan bagian integral dari
pendidikan secara keseluruhan melalui berbagai kegiatan jasmani yang bertujuan
mengembangkan secara organik, neuromuskuler, intelektual dan emosional. Dengan
demikian seyogyanya dalam tujuan pembelajaran penjas guru PJOK sebaiknya
lebih fokus pada .....
A. Orientasi penilaian pada proses pembelajaran
B. Orientasi penilaian pada Hasil pembelajaran
C. Orientasi penilaian pada aktivitas gerak
D. Orientasi penilaian pencapaian prestasi olahraga
D. Orientasi penilaian pada sikap dan keterampilan
2. Pendidikan jasmani merupakan bagian integral dari
pendidikan secara keseluruhan melalui berbagai kegiatan jasmani sedangkan
pendidikan olahraga adalah …
A. Suatu Aktifitas yang besifat kompetitif
B. Aktifitas pembelajaran jasmani
C. Aktifitas motorik-motorik
D. Pendidikan jasmani
E. Pendidikan karakter yang mengutaman hasil.
3. Pendidikan jasmani adalah disiplin yang
berorientasi tubuh atau fisik manusia, di samping berorientasi pada disiplin
mental dan sosial, hal ini sesuai dengan orientasi pendidikan jasmani sesuai
....
A. Landasan sosiologis dalam pendidikan jasmani
B. Landasan etimologis dalam pendidikan jasmani
C. Landasan psikologis pendidikan jasmani
D. Landasan biologis bagi pendidikan jasmani
E. Landasan emosional bagipendidikan jasmani
4. Mengembangkan kepercayaan diri dan kemampuan untuk
menguasai keterampilan gerak dasar yang akan mendorong partisipasinya dalam
aneka aktivitas jasmani, merupakan salah satu tujuan pendidikan jasmani.
Berikut contoh bentuk ativitas yang dapat diterapkan adalah ....
A. Sebagai anggota tim sepak bola memberikan
kontribusi strategipermainan jika instrusikan.
B. Melakukan latihan memanah dengan sungguh-sungguh
jika dimasukkandalam tim panahan.
C. Sebagai anggota tim futsal, berpartisipasi aktif,
menggunakanketerampilan bermain, menerapkan strategi, dan semangat dalam
permainan kasti .
D. Melaksanakan sungguh-sungguh kegiatan latihan dalam
tim sepak bola bila diamati oleh guru.
E. Berpatisipasi aktif dalm kegiatan ektrakurikuler
bela diri pencak silat
5. Pendidikan jasmani memiliki berbagai pengertian
menurut pandangan berbagai ahli maupun organisasi. Pengertian pendidikan
jasmani pada prinsipnya merupakan ….
A. Pendidikan olahraga yang dilakukan oleh masyarakat
dengan kegemaran dan kemampuan yang tumbuh dan berkembang sesuai dengan kondisi
dan nilai budaya
B. Pendidikan olahraga yang membina dan mengembangkan
olahragawan secara terencana berjenjang dan berkelanjutan
C. Pendidikan olahraga yang dilakukan atas dasar
kecintaan atau kegemaran berolahraga
D. Bagian intergral dari pendidikan secara umum, yang
direncanakan secara sistematik bertujuan untuk mengembangkan dan meningkatkan
individu secara organic, neuromuskuler, persepsual, kognitif, dan emosional,
dalam kerangka sisitem pendidikan nasional
E. Bagian intergral dari
pendidikan nasional, yang direncanakan secara
sistematik yang berlangsung sepanjang hayat.
6. Yang Menjadi ciri pembeda antara pendidikan
jasmani, dan olahraga kompetitif antara lain….
A. Pendidikan jasmani menitikberatkan pada sistem
penilaian final score,
sedangkan olahraga kompetitif gain score
B. Pendidikan jasmani memiliki fokus orientasi
pada anak (child oriented), sedangkan olahraga kompetitif pada materi latihan
(subject oriented)
C. Pendidikan jasmani membentuk individu sesuai dengan
kebutuhan fungsional cabang olahraga, sedangkan olahraga kompetitif tidak
D. Olahraga kompetitif selalu dipertandingkan,
sedangkan pendidikan jasmani tidak boleh sama sekali ada pertandingan
E. Pendidikan jasmani memiliki fokus orientasi pada
gerak (movement), sedangkan olahraga kompetitif orientasi pada cabang olahraga
7. Dalam PJOK kita kenal ada tiga konstruk yaitu;
pendidikan Jasmani, pendidikan olahraga, dan pendidikan kesehatan. Pernyataan
mengenai pendidikan kesehatan dibawah ini yang benar adalah:
A. Suatu upaya pendidikan untuk mencapai kesehatan
lingkungan
B. Pendidikan yang mengutamakan kesehatan
C. Upaya mempelajari bagaimana menciptakan kesehatan
diri
D. Suatu upaya atau kegiatan untuk mencipkatan
perilaku masyarakat (di sekolah, anak didik) yang kondusif untuk
kesehatan
E. Pendidikan yang mengutamakan kesehatan fisik dan
mental.
8. Olympism ditetapkan sebagai filosofi dan prinsip
dasar,dengan demikian diskriminasi atau perbedaan terhadap ras, suku, agama,
ideologi dan warna kulit harus dihindarkan dalam setiap gerakan olimpiade.
Dengan demikian sejatinya olimpism mengandung tiga makna yaitu;Living
excellence, Living Respect, dan Living Friendsip. Ungkapan sistem nilai yang
mengandung makna antara laian ; Persahabatan, Berempati dan bersimpati kepada
orang lain, Kerjasama, Saling memberi dan melayani, serta Saling mendukung
merupakan implementasi dari makna ....
A. Living excellence
B. Living Respect,
C. Living Friendsip
D. Visioner
E. Peacefull
9. Menurut Internasional olimpik komite (IOC), ada
tujuh nilai-nilai olympiade (olympism) sebagai filosofi, mengandung arti tidak
ada pembedaan dalam hal; ras, suku, agama, ideologi & warna kulit, serta
merupakan usaha untuk menciptakan perdamaian dunia. Komponen standar yang tidak
termasuk sasaran pembentukan moral dalam Olympism adalah; .....
A. Kesempurnaan Dalam Performansi (Excellence in
performance),
B. Berpartisipasi Dengan Kegembiraan & Kesenangan
(Joy and pleasure in participation).
C. Mengutamakan prestasi dalam berkompetisi.
D. Rasa Hormat Terhadap Sesama (Respect for other
nations, cultures, religions, races and individuals).
E. Pengembangan Kualitas Manusia (Human quality
development).
10. Kegiatan jasmani dilakukan mengandung unsur
permainan, perjuangan atau kompetisi baik dengan diri sendiri, orang lain
maupun alam dan dilakukan secara sportif dan fair, merupakan ciri umum dari….
A. Pendidikan Olahraga
B. Pendidikan Jasmani
C. Penjasorkes
D. Olahraga Kompetitif
E. Pendidikan Kesehatan dan Rekreasi
11. Yang tidak termasuk tiga belas prinsip pokok dalam
pendidikan jasmani menurut Zeigler untuk dapat meningkatkan kualitas hidup
manusia adalah:
A. reversibility
B. overload
C. relaxation
D. recreation
E. bone density
12. Beberapa prinsip umum dalam memberikan
pembelajaran pendidikan jasmani adalah kecuali:
A. Pendidikan jasmani pada hakikatnya adalah proses
pendidikan yang memanfaatkan aktivitas fisik
B. Model pembelajaran pendidikan
jasmani harus seimbang antara terpusat pada guru dan pada
siswa
C. Orientasi pembelajaran harus disesuaikan dengan
perkembangan anak, isi dan materi serta cara penyampaian harus menarik dan
menyenangkan
D. Pendekatan holistik tubuh-jiwa ini termasuk pula
penekanan pada ketiga domain kependidikan: psikomotor, kognitif dan afektif.
E. Model pembelajaran pendidikan jasmani tidak harus
terpusat pada guru tetapi pada siswa
13. Empat konsep komponen dalam memberikan materi PJOK
di sekolah, kecuali:
A. Komponen an organik
B. Komponen neuromuskuler
C. Komponen intelektual
D. Komponen emosional
E. Komponen organik
14. Khusus untuk materi teknik dan taktik dasar,
saudara harus memperhatikan tiga prinsip utama, adalah:
A. memulai materi dari yang paling mudah menuju ke
yang paling berat
B. memulai materi dari yang paling ringan menuju ke
yang paling berat
C. memulai materi dari yang paling mudah menuju ke
yang yang paling kompleks
D. memulai materi dari yang paling enteng menuju ke
yang paling kompleks
E. memulai materi dari yang paling ringan menuju ke
yang sukar
15. Yang bukan tujuan
pendidikan jasmani yang disampaikan Bucher’s adalah:
A. Tujuan pengembangan memulai fisik, berkaitan dengan
kegiatan program yang membangun kekuatan fisik secara individu melalui
pengembangan dari berbagai sistem organ tubuh
B. Tujuan pengembangan motorik, berkaitan dengan
menjadikan gagasan fisik bermanfaat dan dengan sedikit pengeluaran energi yang
mungkin, dan estetika dalam gerakan ini.
C. Tujuan pengembangan mental, berkaitan dengan
akumulasi dari tubuh pengetahuan dan kemampuan berpikir untuk menafsirkan
pengetahuan
D. Tujuan pengembangan sensorik, berkaitan dengan
membantu individu dalam membuat penyesuaian dengan lingkungannya.
E. Tujuan pengembangan sosial, berkaitan dengan
membantu individu dalam membuat penyesuaian pribadi, kelompok sebagai anggota
masyarakat.
16. Tiga orang siswa Bembeng, Bambang dan Bolang
melakukan aktivitas jasmani. Bambang berlari, Bembeng mengayunkan kedua
tangannya di atas balok keseimbangan, sedangkan Bolang lagi menggiring bola.
Siapakah yang melakukan gerakan non lokomotor menurut saudara.
A. Bambang
B. Bembeng
C. Bolang
D. Bambang dan Bembeng
E. Bambang dan Bolang
17. Tatkala seorang siswa belajar menguasai teknik
sepakbola, maka urutan yang paling baik dalam belajar adalah sebagai berikut:
A. heading-shooting-passing-dribbling
B. shooting-passing-dribbling-heading
C. dribbling-heading-passing-shooting
D. dribbling-passing-heading-shooting
E. heading-passing,dribbling-shooting
18. Teknik dasar dalam bermain bolavoli adalah,
kecuali:
A. passing bawah, smash, block, dan servis
B. passing atas, smash, block, servis, passing bawah
C. servis, passing atas, jumping-block-tosser
D. smash, block, servis, dan passing atas
E. passing bawah, servis, block, dan smash
19. Tindakan guru dalam memberikan pelajaran PJOK di
sekolah yang paling tepat adalah:
A. Menjalankan pembelajaran
sesuai dengan yang tertera dalam kurikulum
B. Memberikan pembelajaran sesuai dengan minat dan
keinginan peserta didik
C. Memberikan pembelajaran sesuai
dengan kebiasaan masyarakat sekitar sekolah
D. Memberikan pembelajaran sesuai
dengan sarana dan prasarana, perkembangan peserta didik, dan
situasi serta kondisi di sekolah
E. Memberikan pembelajaran sesuai dengan budaya
masyarakat
20. Mengajarkan teknik dasar untuk olahraga permainan
seperti sepakbola, bolavoli, bolabasket, bulutangkis dan tenis meja adalah:
A. Mutlak harus dilakukan karena sudah termaktub di
dalam kurikulum
B. Tidak mutlak karena bukan untuk tujuan prestasi
dalam berolahraga
C. Boleh dilakaukan asalkan disesuaikan dengan
kebijakan yang diambil oleh pimpinan sekolah
D. Harus dilakukan namun
disesuaikan dengan tingkat kemampuan peserta didik, situasi
dan kondisi yang ada di sekolah
E. Harus dilakukan walaupun situasi dan kondisi kurang
memndukung
21. Suatu aktivitas yang dilakukan dengan sukarela,
tanpa paksaan dan dalam waktu luang adalah definisi dari
A. Olahraga
B. Rekreasi
C. Pendidikan jasmani
D. Bermain
E. Pendidikan Olahraga
22. Atletik adalah olahraga yang sangat populer dan
mendunia. Terjemahan dari atletik itu sendiri adalah:
A. Track and event
B. Track and Field
C. Action of Show
D. Fitness and Fit
E. Performance show
23. Dilihat dari nomor dan gerak dari atletik sungguh
komplek, sehingga atletik disebut juga sebagai Mother of Sport, alasanya
adalah karena ....
A. Atletik adalah olahraga yang paling unggul dan
bergengsi dimata dunia.
B. Cabang olahraga atletik didalamnya terdiri dari
unsur jalan, lari, lompat dan lempar yang kesemuanya merupakan dasar yang
diperlukan dalam cabang olahraga lain
C. Merupakan induk dari olahraga tertentu yang yang
diperlukan sebagai dasar atau fondasinya
D. Unsur yang ada dalam olahraga atletik merupakan
refleksi dari olahraga yang dipertandingkan
24. Kemampuan tubuh melakukan penyesuaian terhadap
pembebasan fisik yang diberikan kepadanya (dari kerja yang dilakukan
sehari-hari) tanpa menimbulkan kelelahan yang berlebihan yang berarti disebut .
. . .
A. kebugaran jasmani
B. ketahanan tubuh
C. daya tahan tubuh
D. kekuatan tubuh
E. kekebalan tubuh
25. Pembelajaran kebugaran jasmani berguna terutama
untuk meningkatkan kebugaran jasmani yang berkaitan dengan kesehatan yakni . .
.
A. daya tahan kardiovaskular, komposisi tubuh,
kelentukan,kekuatan dan daya tahan otot
B. kelentukan persendian, kelincahan, koordinasi dan
power
C. kekuatan otot, dayatahan otot, kecepatan, dan
keseimbangan
D. daya tahan, kelenturan, kecepatan, kekuatan, dan
kelincahan
E. kecepatan, daya ledak, kelincahan, koordinaso, dan
keseimbangan.
26. Kemampuan fisik seseorang dalam melaksanakan tugas
sehari-hari ditentukan oleh tingkat kebugaran jasmani individu tersebut.
Sedangkan daya ledak (power) ditentukan oleh kemponen kebugaran berupa....
A. kekuatan dan dayatahan otot
B. kekuatan dan kecepatan
C. kekuatan dan kelincahan jasmani
D. kekuatan dan kelentukan
E. kekuatan dan koordinasi
27. Gerak dasar pencak silat adalah suatu gerak
terencana, terarah, terkoordinasi dan terkendali, yang mempunyai empat aspek
sebagai satu kesatuan, aspek tersebut adalah ...
A. mental spiritual, beladiri, olahraga, dan seni
budaya.
B. mental spiritual, beladiri, kebugaran, dan aspek
seni budaya
C. mental spiritual, beladiri, olahraga, dan
nasionalis
D. mental spiritual, beladiri, olahraga, dan religius
E. mental spiritual, beladiri, olahraga, dan karakter
bangsa
28. Komponen kebugaran dikelompokan menjadi dua, yang
pertama kebugaran yang berhubungan dengan kesehatan (physical fitness related
health) dan kedua Kebugaran yang berhubungan dengan keterampilan (physical
fitness related skill). Berikut ini adalah komponen kebugaran yang berhubungan
dengan kesehatan, kecuali:
A. daya tahan jantung dan paru-paru
(cardiorespiratory)
B. komposisi tubuh (body composition)
C. daya tahan otot (muscle endurance)
D. daya ledak (explosive power)
E. Kekuatan otot (muscle streght)
29. Pencak silat sebagai olahraga terlihat pada
kompetisi. Aspek olah raga terlihat dari pertandingan dan demonstrasi
bentuk-bentuk jurus, baik untuk tunggal, ganda atau regu. Oleh karenannya aspek
kebugaran jasmani yang dominan dalam pertandingan pencak silat adalah...
A. kekuatan dan kecepatan
B. daya ledak dan kecepatan
C. kekuatan dan kelentukan
D. daya tahan dan kekuatan
E. kelentukan dan kelincahan
30, Dibawah ini yang bukan teknik serangan dalam bela
diri adalah teknik. . . .
A. pukulan
B. guntingan
C. tendangan
D. tangkapan
E. ungkitan
31. Gerakan yang mengharuskan tubuh membentuk tubuh
lurus adalah:
A. Kayang dan split
B. Split dan salto
C. Sikap lilin dan guling ke belakang
D. Handstand dan headstand
E. Guling ke depan dan handstand
32. Macam-macam guling adalah kecuali:
A. Guling depan gulung, guling belakang gulung dan
guling depang kangkang
B. Guling belakang lurus, guling depan kangkang dan
guling depan lurus
C. Guling depan kangkang, guling belakang lurus dan
guling depan lurus
D. Guling belakang gulung, guling belakang samping,
dan guling depan lurus
E. Guling depan lurus, guling belakang kangkang dan
guling belakang gulung
33. Yang termasuk gerakan split pada senam lantai
adalah:
A. Split depan dan split samping
B. Split depan dan split belakang
C. Split belakang dan split kangkang
D. Split kangkang dan split depan
E. Split depan dan split belakang
34. Alat yang digunakan dalam senam irama (ritmit)
adalah:
A. Tali, gada, pita, bola, tongkat dan pedang
B. Gada, simpai, tongkat, bola, dan pita
C. Topi, tali, tongkat, bola dan pita
D. Bola, simpai, tongkat, tali, dan pedang
E. Tali, gada, bola, pita dan tongkat
35. Mengapa dalam tahapan belajar renang pada setiap
gaya urutannya adalah gerakan tungkai terlebih dahulu
A. Agar lebih mudah belajar renang
B. Tungkai merupakan bagian yang paling penting
C. Tungkai merupakan sumber penggerak utama yang
memiliki tenaga yang besar tetapi perlu waktu lama untuk dikembangkan
D. Agar tungkai lebih maksimal
E. Semua jawaban benar
36. Faktor-faktor yang dapat mengakibatkan cedera pada
waktu berenang adalah, kecuali:
A. Kurangnya pendidikan (lack of education)
B. Kurangnya saran keselamatan (lack of safety advice)
C. Kurangnya perlindungan (lack of protection)
D. Kurangnya pengawasan (lack of supervision)
E. Semua salah
37. Faktor utama yang akan diperhitungkan ketika
membentuk rencana tindakan bantuan waktu terjadi kecelakaan dalam renang adalah
sebagai berikut:
A. Safety of rescuer (keselamatan penyelamat)
B. Nature of area (daerah)
C. Number of casualties (jumlah korban)
D. Priorities of rescue (prioritas penyelamatan)
E. Semua benar
38. Gaya renang mana yang paling mudah dilakukan
adalah:
A. Gaya kupu-kupu dan dada
B. Gaya dada dan bebas
C. Gaya bebas dan kupu-kupu
D. Gaya punggung dan kupu-kupu
E. Gaya kupu-kupu dan punggung
39. Urutan gaya renang yang digunakan pada nomor
estafet 4 x 100 m gaya ganti putra adalah
A. gaya punggung, gaya dada, gaya kupu-kupu, dan gaya
bebas
B. gaya kupu-kupu, gaya bebas, gaya dada, gaya punggung
C. gaya bebas, gaya kupu-kupu, gaya dada, gaya
punggung
D. gaya kupu-kupu, gaya bebas, gaya dada, gaya
punggung
E. gaya punggung, gaya kupu-kupu, gaya bebas, gaya
dada
40. Langkah pertama dalam pembelajaran renang adalah
pengenalan air kepada peserta didik, yang mana yang tidak termasuk dalam
langkah-langkah pengenalan air.
A. Menginjak dan bernapas di air
B. Berjalan atau berlari di air
C. Nerjalan dan bernapas di air
D. Mengapung dan bernapas di air
E. Menyelam dan berbalik di air
41. Secara umum, sungguh banyak manfaat pendidikan
jasmani di sekolah. diantara manfaat tersebut adalah sebagai berikut, kecuali
....
A. Memenuhi kebutuhan anak akan gerak
B. Mengenalkan anak pada lingkungan dan potensi
dirinya
C. Menanamkan dasar-dasar keterampilan olahraga
prestasi yang berguna
D. Menyalurkan energi yang berlebihan
E. Merupakan proses pendidikan secara serempak baik
fisik, mental maupun emosional
42. Tiga hal penting yang bisa menjadi sumbangan unik
dari pendidikan jasmani terhadap individu peserta didik, yaitu:
A. Meningkatkan kebugaran jasmani dan kesehatan
peserta didik; Meningkatkan kekayaan penguasaan keterampilan fisik; serta
Meningkatkan pengertian peserta didik dalam prinsip-prinsip gerak serta
bagaimana menerapkannya dalam praktek
B. Meningkatkan kebugaran jasmani; kesehatan; dan
keterampilan peserta didik
C. Meningkatkan kebugaran jasmani; meningkatkan
derajat kesehatan; dan kecerdasan peserta didik
D. Meningkatkan kebugaran jasmani; dan kesehatan serta
daya tahan kardivakular peserta didik
E. Meningkatkan kebugaran jasmani; dan kesehatan;
serta kekuatan peserta didik
43. Secara filosofi dalam pengembangan pembelejaran
dan meneliti aspek penting dari penjas, dasar-dasar pemikiran yang perlu
menjadi pertimbangan sebagai guru profesional adalah ....
A. Kebugaran dan kesehatan, keterampilan fisik,
terkuasainya konsep dan prinsip gerak, kemampuan berpikir, kepekaan rasa,
keterampilan sosial, kepercayaan diri dan citra diri (self esteem)
B. Kebugaran dan kesehatan, Keterampilan fisik,
Terkuasainya konsep dan prinsip gerak, serta sarana prasarana
C. Keterampilan fisik, terkuasainya konsep dan prinsip
gerak, Kemampuan berpikir, Kepekaan rasa, Keterampilan sosial, Kepercayaan diri
dan citra diri (self esteem)
D. Kebugaran dan kesehatan, keterampilan fisik,
terkuasainya konsep dan prinsip gerak, kemampuan berpikir, kepekaan rasa,
keterampilan sosial, dan kompetnsi guru
E. Kebugaran dan kesehatan, keterampilan fisik,
terkuasainya konsep dan prinsip gerak, kemampuan berpikir, kemampuan manajemen
dan sarana prasarana.
44. Hal penting yang menjadi ciri pembeda uatama
antara pendidikan jasmani, dan olahraga antara adalah….
A. Pendidikan jasmani menitik beratkan pada sistem
penilaian final score,
sedangkan olahraga kompetitif gain score
B. Pendidikan jasmani memiliki fokus orientasi pada
anak (child oriented) sedangkan olahraga kompetitif pada materi latihan
(subject oriented)
C. Pendidikan jasmani membentuk individu sesuai dengan
kebutuhan fungsional cabang olahraga, sedangkan olahraga kompetitif tidak
D. Olahraga kompetitif
selalu dipertandingkan, sedangkan
pendidikan jasmani tidak boleh sama sekali ada pertandingan
E. Pendidikan jasmani memiliki
fokus orientasi pada gerak (movement), sedangkan
olahraga kompetitif orientasi pada cabang olahraga
45. Salah satu tujuan pendidikan jasmani adalah
mengembangkan kepercayaan diri dan kemampuan untuk menguasai keterampilan gerak
dasar yang akan mendorong partisipasinya dalam aneka aktivitas jasmani. Salah
satu contoh bentuk ativitas yang dapat diterapkan untuk implementasi tujuan
tersebut adalah:
A. Sebagai anggota tim sepak bola memberikan
kontribusi strategi permainan jika instrusikan.
B. Melakukan latihan memanah dengan sungguh-sungguh
jika dimasukkan dalam tim panahan
C. Sebagai anggota tim futsal, berpartisipasi aktif,
menggunakan keterampilan bermain, menerapkan strategi, dan semangat dalam
permainan kasti
D. Melaksanakan sungguh-sungguh kegiatan latihan dalam
tim sepak bola bila diamati oleh guru
E. Berpatisipasi aktif dalm kegiatan ektrakurikuler
bela diri pencak silat
46. Internasional Olimpic Commite (IOC) mengemukakan
nilai-nilai olympiade (olympism) sebagai filosofi, mengandung arti tidak ada
pembedaan dalam hal; ras, suku, agama, ideologi & warna kulit, serta
merupakan usaha untuk menciptakan perdamaian dunia. Komponen standar yang tidak
termasuk sasaran pembentukan moral dalam olympism adalah:
A. Mengutamakan penampilan dan prestasi dalam
berkompetisi
B. Kesempurnaan dalam performansi (excellence in
performance),
C. Berpartisipasi dengan kegembiraan & kesenangan
(joy and pleasure in participation)
D. Rasa hormat terhadap sesama (reshect for other
nations, cultures, religions, races and individuals)
E. Pengembangan kualitas manusia (human quality
development)
47. Sejatinya olimpism mengandung makna yaitu; living
excellence, living respect, dan living friendsip. Ungkapan sistem nilai yang
mengandung memiliki maka saling menghargai diri dan orang lain dalam hal:
Perbedaan pendapat, Perbedaan keyakinan, Perbedaan keragaman budaya, Perbedaan
Suku/ras dan Bangsa, Hak- hak sebagai manusia, dan pencapaian
prestasi/kesuksesan seseorang, merupakan implementasi dari makna .....
A. Living excellence
B. Living espectr
C. Living friendsip
D. Visioner
E. Peacefull
48. Ada ungkapan dalam sisitem nilai olimpism yakni;
prestasi olahraga bukan yang utama bagi atlet dalam suatu kompetisi, melainkan
hasil dari proses keseluruhannya, yaitu terbangunnya kemuliaan diri yang
merupakan kombinasi & keseimbangan antara ....
A. Kualitas & keterampilan
fisik (skill), sikap/kemauan (attitute), dan kecerdasan
pikiran (knowledge) sebagai prinsip dasar hidup
B. Kualitas & keterampilan
fisik (skill), sikap/kemauan (attitute), dan kecerdasan
pikiran (knowledge) sebagai tujuan hidup
C. Kualitas & keterampilan
fisik (skill), sikap/kemauan (attitute), dan kecerdasan
pikiran (knowledge) sebagai Pola dasar hidup
D. Kualitas & keterampilan
fisik (skill), sikap/kemauan (attitute), dan kecerdasan
pikiran (knowledge) sebagai pandangan dasar hidup
E. Kualitas & keterampilan
fisik (skill), sikap/kemauan (attitute), dan kecerdasan
pikiran (knowledge) sebagai visi misi hidup
49. Pada prinsipnya di dalam melakukan pengembangan
bentuk latihan kebugaran jasmani yang akan digunakan pada pembelajaran penjas
perlu memperhatikan beberapa hal sebagai berikut, kecuali.....
A. Tidak menghilangkan tujuan
pembelajaran dan memuat prinsip latihan komponen
kebugaran
B. Intensitas tetap mengacu pada 60-80% denyut nadi
maksimal sesuai umur
C. Susunan menarik dan sesuai karakteristik siswa
D. Resiko cidera yang minimum, tata cara pelaksanaan
mudah dipahami dan dapat dilakukan siswa
E. Intensitas sesekali boleh lebih 80% denyut nadi
maksimal sesuai umur
50. Pembelajaran kebugaran jasmani berguna terutama
untuk meningkatkan kebugaran jasmani yang berkaitan dengan kesehatan dan
keterampilan. Kebugaran yang berkaitan dengan keterampilan yakni ...
A. Kecepatan, daya ledak, kelincahan, koordinasi, dan
keseimbangan
B. Dayatahan kardiovaskular, komposisi tubuh,
kelentukan, kekuatan dan daya tahan otot
C. Kelentukan persendian, kelincahan, koordinasi dan
power
D. Kekuatan otot, dayatahan otot, kecepatan, dan
keseimbangan
E. Daya tahan, kelenturan, kecepatan, kekuatan, dan
kelincahan
51. Komponen kebugaran dikelompokan menjadi dua, yang
pertama kebugaran yang berhubungan dengan kesehatan (physical fitness related health)
dan kedua Kebugaran yang berhubungan dengan keterampilan (physical fitness
related skill). Berikut ini adalah komponen kebugaran yang berhubungan dengan
kesehatan, kecuali:
A. Daya tahan jantung dan paru-paru
(cardiorespiratory)
B. Komposisi tubuh (body composition)
C. Daya tahan otot (muscle endurance)
D. Daya ledak (explosive power)
E. Kekuatan otot (muscle streght)
52. Olaharaga atletik merupakan induk dari cabang
olahraga. Karenanya atletik merupakan olahraga yang sangat populer dan
mendunia. Oleh karenanya ateltik diterjemahkan juga sebagai cabang olahraga
....
A. Track and event
B. Track and field
C. Action of show fitness and fit
D. Performance show
E. Track record
53. Dalam pembelajaran teknik berlari seorang guru
dapat dilakukan dengan memperkenalkan poin-poin kunci keterampilan yang
berkaitan dengan fase- fase (unsur unsur) dalam lomba lari terutama lari
sprint. Poin kunci sebagai fase tehnik lari tersebut adalah ....
A. Reaksi, akselerasi, kecepatan maksimum dan
pemeliharaan kecepatan
B. reaksi, kecepatan maksimum, akselerasi, dan
pemeliharaan kecepatan
C. akselerasi, reaksi, kecepatan maksimum dan
pemeliharaan kecepatan
D. reaksi, akselerasi, pemeliharaan kecepatan dan
kecepatan maksimum
E. kecepatan maksimum, reaksi, akselerasi, dan
pemeliharaan kecepatan
54. Dilihat dari karakteristik seni bela diri pencak
silat mengandung aspek; mental spiritual, seni budaya, beladiri, dan olahraga.
Pencak silat membangun dan mengembangkan kepribadian dan karakter mulia
seseorang meruapakan karakter pada aspek...
A. Mental spiritual
B. Seni budaya
C. Beladiri,
D. Olahraga
E. Mental spiritual dan seni budaya.
55. Pencak silat dari aspek olahraga terlihat pada
kompetisi, terlihat dari pertandingan dan demonstrasi bentuk-bentuk jurus, baik
untuk tunggal, ganda atau regu. Oleh karenannya aspek kubugaran jasmani yang
dominan dalam pertandingan pencak silat adalah...
A. Kekuatan dan kecepatan
B. Kecepatan dan power
C. Kekuatan dan kelentukan
D. Daya tahan dan kekuatan
E. Kelentukan dan kelincahan
56. Empat tujuan pendidikan jasmani yang disampaikan
Bucher’s adalah sebagai berikut:
A. Pengembangan fisik, motorik, mental dan
sosial
B. Pengembangan motorik, psikis, sosial dan fisik
C. Pengembangan mental, motorik, sosial dan psikis
D. Pengembangan sosial, mental, fisik dan psikis
E. Pengembangan fisik, mental, sosial dan psikis
57. Yang tidak termasuk empat komponen dalam
memberikan materi PJOK di sekolah adalah:
A. Komponen organik,
B. Komponen cardiovaskuler
C. Komponen intelektual
D. Komponen sosial
E. Komponen neuromuskuler
58. Yang bukan menjadi tujuan pendidikan jasmani
adalah sebagai berikut:
A. Meletakkan landasan karakter yang kuat melalui
internalisasi nilai dalam pendidikan jasmani
B. Membangun landasan kepribadian yang kuat, sikap
cinta damai, sikap sosial dan toleransi dalam konteks kemajemukan budaya, etnis
dan agama
C. Menumbuhkan kemampuan berpikir kritis melalui
tugas-tugas pembelajaran pendidikan jasmani
D. Mengembangkan sikap sportif, jujur, disiplin,
bertanggung jawab, kerjasama, percaya diri, dan demokratis melalui aktivitas
jasmani
E. Mengembangkan keterampilan gerak dan keterampilan
teknik serta strategi berbagai permainan dan olahraga, sebagai landasan untuk
anak dalam meraih prestasi dalam bidang olahraga
59. Gerakan-gerakan berpindahnya seluruh tubuh dari
suatu posisi ke posisi lain, dibedakan atas beberapa bahagian, yaitu kecuali:
A. Menggerakkan tubuh secara keseluruhan dengan
tumpuan permukaan yang padat
B. Menggerakkan tubuh secara keseluruhan pada suatu
alat yang bisa bergerak
C. Menggerakkan tubuh secara keseluruhan pada bidang
yang keras
D. Menggerakkan tubuh secara keseluruhan di air
E. Menggerakkan tubuh secara keseluruhan pada bidang
yang miring
60. Dua orang anak melakukan gerakan berlari dan
salto, Renggo berlari sejauh 10 meter dan Randa melakukan gerakan salto.
Gerakan dua orang ini termasuk gerakan:
A. Renggo melakukan gerak diskret dan Randa gerakan
serial
B. Renggo melakukan gerak serial dan Randa diskret
C. Renggo melakukan gerak diskret dan Randa gerakan
continous
D. Renggo melakukan gerak continous dan Randa gerakan
serial
E. Renggo melakukan gerak serial dan Randa gerakan
countinous
61. Faktor pribadi yang sangat berhubungan dengan
upaya pencapaian keterampilan, faktor-faktor tersebut adalah sebagai berikut.
A. Ketajaman indra, persepsi, dan intelegensi
B. Persepsi, ukuran fisik, dan pengalaman masa lalu
C. Kesanggupan, emosi, dan motivasi,
D. Sikap, kejujuran, jenis kelamin
E. Usia, jenis kelamin, dan ukuran fisik
62. Hasil riset terakhir menyatakan Teaching Game For
Understanding (TGFU) adalah model pembelajaran yang cocok diterapkan dalam
materi yang tergolong permainan dan olahraga di sekolah. Hal ini dikarenakan,
kecuali:
A. Pendekatan TGFU adalah penggunaan taktik-taktik
kewaspadaan
B. Pendekatan TGFU fokus pada pengembangan kemampuan
permainan
C. Pendekatan TGFU adalah mudah diimplementasikan oleh
guru
D. Pendekatan TGFU melibatkan unsur, teknik, taktik
dan fisik
E. Pendekatan TGFU sesuai dengan realita gerakan dalam
olahraga permainan
63. Yang tidak termasuk pada keterampilan dasar dalam
permainan sepakbola adalah:
A. Passing, dribbling, dan shooting
B. Dribbling, heading dan passing
C. Heading, shooting dan dribbling
D. Shooting, dribbling dan passing
E. Shooting, dribbling, dan marking
64. Yang tidak termasuk dalam gerakan senam lantai
adalah:
A. Guling, handstand dan meroda
B. Kayang, tigersprong dan lompat tali
C. Sikap lilin, meroda dan kiep
D. Headstand, guling dan kayang
E. Flip-flap, kayang dan tigersprong
65. Olahraga yang tidak termasuk permainan bola besar
dan bola kecil adalah:
A. Sepakbola, bolabasket dan hockey
B. Bolavoli, bulutangkis dan tenismeja
C. Bolabasket, sepakbola dan bulutangkis
D. Tenismeja, bolabasket dan bolavoli
E. Sepakbola, bulutangkis dan tenismeja
66. Gaya renang mana yang menjadi dasar untuk belajar
ke gaya renang berikutnya
A. Gaya kupu-kupu dan bebas
B. Gaya dada dan punggung
C. Gaya bebas (crawl) dan dada
D. Gaya punggung dan kupu-kupu
E. Semuanya benar
67. Urutan renang gaya ganti perorangan dalam
perlombaan adalah:
A. Bebas, dada, punggung, dan kupu-kupu
B. Dada, punggung, bebas, dan kupu-kupu
C. Kupu-kupu, punggung, dada dan bebas
D. Punggung, dada, kupu-kupu dan bebas
E. Bebas, dada, kupu-kupu dan punggung
68. Apa saja tahap pertama yang
perlu dilakukan pada saat akan melakukan pertolongan orang tenggelam
A. Pilih alat bantu pelampung yang sesuai
B. Masuk ke air dengan aman secara perlahan
C. Pendekatan dan meyakinkan korban
D. Menjaga jarak aman dari korban dan menjelaskan hal
yang akan dilakukan.
E. Semua jawaban benar
69. Mengapa olahraga renang salah satu olahraga yang
sangat mendukung untuk pertumbuhan tinggi badan pada masa pertumbuhan dan
perkembangan
A. Karena pada saat berenang semua anggota tubuh
melakukan pergerakan
B. Karena ada daya dorong tubuh ke atas oleh air
C. Karena dalam berenang menimbulkan kesenangan
sehingga baik untuk psikis peserta didik
D. Karena bidang horizontal
lebih dominan sehingga lebih memberikan keleluasaan
tulang untuk tumbuh
E. Karena aman dari cidera
70. Urutan penyelamatan pertama dan terakhir dalam
kecelakaan renang adalah:
A. Shout signal and swim and aid
B. Reach, row and aid
C. Throw and reach
D. Row, swim and aid
E. Reach, swim and aid
Posting Komentar