Modul Belajar Mandiri Calon Guru PPPK Bidang Studi PJOK SMP/SMA/SMK

 


Seleksi Guru ASN PPPK dibuka berdasarkan pada Data Pokok Pendidikan. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan mengestimasi bahwa kebutuhan guru di sekolah negeri mencapai satu juta guru (di luar guru PNS yang saat ini mengajar). Pembukaan seleksi untuk menjadi guru ASN PPPK adalah upaya menyediakan kesempatan yang adil bagi guru-guru honorer yang kompeten agar mendapatkan penghasilan yang layak. Pemerintah membuka kesempatan bagi: 

  1. Guru honorer di sekolah negeri dan swasta (termasuk guru eks-Tenaga Honorer Kategori dua yang belum pernah lulus seleksi menjadi PNS atau PPPK sebelumnya. 
  2. Guru yang terdaftar di Data Pokok Pendidikan; dan Lulusan Pendidikan Profesi Guru yang saat ini tidak mengajar. 
Seleksi guru ASN PPPK kali ini berbeda dari tahun-tahun sebelumnya, dimana pada tahun sebelumnya formasi untuk guru ASN PPPK terbatas. Sedangkan pada tahun 2021 semua guru honorer dan lulusan PPG bisa mendaftar untuk mengikuti seleksi. Semua yang lulus seleksi akan menjadi guru ASN PPPK hingga batas satu juta guru. Oleh karenanya agar pemerintah bisa mencapai target satu juta guru, maka pemerintah pusat mengundang pemerintah daerah untuk mengajukan formasi lebih banyak sesuai kebutuhan.

Untuk mempersiapkan calon guru ASN PPPK siap dalam melaksanakan seleksi guru ASN PPPK, maka Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan melalui Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan (Ditjen GTK) mempersiapkan modul-modul pembelajaran setiap bidang studi yang digunakan sebagai bahan belajar mandiri, pemanfaatan komunitas pembelajaran menjadi hal yang sangat penting dalam belajar antara calon guru ASN PPPK secara mandiri. Modul akan disajikan dalam konsep pembelajaran mandiri menyajikan pembelajaran yang berfungsi sebagai bahan belajar untuk mengingatkan kembali substansi materi pada setiap bidang studi, modul yang dikembangkan bukanlah modul utama yang menjadi dasar atau satu-satunya sumber belajar dalam pelaksanaan seleksi calon guru ASN PPPK tetapi dapat dikombinasikan dengan sumber belajar lainnya. Peran Kemendikbud melalui Ditjen GTK dalam rangka meningkatkan kualitas lulusan guru ASN PPPK melalui pembelajaran yang bermuara pada peningkatan kualitas peserta didik adalah menyiapkan modul belajar mandiri. 

Direktorat Guru dan Tenaga Kependidikan Pendidikan Dasar (Direktorat GTK Dikdas) bekerja sama dengan Pusat Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan (PPPPTK) yang merupakan Unit Pelaksanana Teknis di lingkungan Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan yang bertanggung jawab dalam mengembangkan modul belajar mandiri bagi calon guru ASN PPPK. Adapun modul belajar mandiri yang dikembangkan tersebut adalah modul yang di tulis oleh penulis dengan menggabungkan hasil kurasi dari modul Pendidikan Profesi Guru (PPG), Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB), Peningkatan Kompetensi Pembelajaran (PKP), dan bahan lainnya yang relevan. Dengan modul ini diharapkan calon guru ASN PPPK memiliki salah satu sumber dari banyaknya sumber yang tersedia dalam mempersiapkan seleksi Guru ASN PPPK

Bahan belajar mandiri calon guru P3K disusun dalam rangka memudahkan guru untuk melakukan persiapan seleksi dengan cara mempelajarinya secara mandiri. Di dalam bahan belajar ini dimuat uraian materi yang didasarkan pada model kompetensi terkait yang memuat kompetensi guru mata pelajaran dan indikator pencapaian kompetensinya. 

Bahan belajar mandiri mata pelajaran Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan (PJOK) berisi beberapa bahasan yang dihimpun dalam: 

  • Pembelajaran 1. Paradigma Baru PJOK 
  • Pembelajaran 2. Elemen Capaian Pembelajaran Kurikulum Prototype 
  • Pembelajaran 3. Lingkup dan Urutan Materi Pembelajaran PJOK 
  • Pembelajaran 4. Ilmu Dasar Kepenjasan 
  • Pembelajaran 5. Konsep-Konsep Penting PJOK dan Keterkaitannya 
  • Pembelajaran 6. Analisis KI-KD Berdasarkan Konsep Interdisiplin dan Multidisiplin 
  • Pembelajaran 7. Ilmu Penunjang Kepenjasan 
  • Pembelajaran 8. Teori Belajar Gagne 
  • Pembelajaran 9. Tujuan Pembelajaran 
  • Pembelajaran 10. Model Pembelajaran Aktif 
  • Pembelajaran 11. Keterampilan Berpikir Kritis 
  • Pembelajaran 12. Konsep dan Prinsip Asesmen, Teknik Penilaian Berbasis Kelas, dan Umpan Balik 
Bahan belajar mandiri ini memberikan pengamalan belajar bagi calon guru P3K dalam memahami teori dan konsep pembelajaran dari setiap substansi materi dan sub materi yang disajikan. Komponen-komponen di dalam bahan belajar mandiri ini dikembangkan dengan tujuan agar calon guru P3K dapat dengan mudah memahami teori dan konsep mata pelajaran PJOK, sekaligus mendorong guru untuk mencapai kemampuan berpikir tingkat tinggi. Latihan-lathan soal, kasus, serta pembelahasannya juga disajikan untuk memberikan pengalaman dalam meningkatkan pengetahuan dan keterampilan calon guru P3K. Rangkuman pembelajaran selalu diberikan di setiap akhir pembelajaran untuk memudahkan dalam membaca, dan mengingat matarimateri esensial di setiap pembelajaran.


Selamat Belajar. Semoga Beruntung. Salam Olahraga !!!

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama